Pengertian Pemasaran Menurut Beberapa Ahli
Beberapa ahli ekonomi mengemukakan definisi pemasaran sebagai berikut :
Philip Kotler dan Amstrong
pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang
membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan
inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai
dengan orang lain.
William J.Stanton
Pemasaran adalah
suatu sistem total dari kegiatan bisnis untuk merencanakan, menentukan
harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat
memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun
konsumen potensial”.
Paul Smith, Chris Berry, dan Alan Rufold
Pemasaran adalah suatu hubungan sistematis antara sebuah bisnis
dan pasarnya, dimensi pelaku pasar memasang beberapa ide-ide yang luas,
desain-desain, pesan-pesan, media, potongan-potongan, bentukbentuk dan
warna-warna, keduanya untuk mengkomunikasikan ide-ide dan untuk
merangsang persepsi khusus tentang produk dan layanan-layanan oleh
individual masyarakat yang telah dikumpulkan atau disatukan dalam sebuah
target pasar.
Swasta
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang
ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang, jasa, ide kepada pasar sasaran agar dapat
mencapai tujuan organisasi”.
Sutisna
Pemasaran adalah
merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama
konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasar. Konsep yang secara
umum sering digunakan untuk menyampaikan pesan adalah apa yang disebut
sebagai bauran promosi.
Muntaha
Pemasaran adalah Proses pengolahan, produksi dan penyampaian
informasi atau pesan-pesan melalui satu atau lebih saluran kepada
khalayak sasaran secara berkesinambungan serta bersifat dua arah dengan
tujuan menunjang dan efisiensi pemasaran suatu produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar